USKUP AGUNG KUPANG BERBICARA PEMBERDAYAAN EKONOMI


100_3642
USKUP Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang berbicara tentang pemberdayaan ekonomi pada pembukaan kegiatan Retret dan pelatihan jurnalistik kepada para imam dan awam yang bergerak di bidang pengembangan sosial ekonomi (PSE) se-Regio Nusa Tenggara, Senin 26 November 2012, bertempat di wisma Nazaret Nelle Maumere, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komisi PSE KWI ini, berlangsung dari tanggal 26 November-1 Desember 2012 dan diikuti oleh delapan keuskupan dalam Regio Nusra yang terdiri dari 19 imam dan 23 awam.

Saat penyampaian materinya, Uskup Turang menekankan kepada para peserta yang hadir bahwa manusialah pusat dari karya pengembangan sosial ekonomi, dan di dalam upaya pengembangan sosial ekonomi, ada empat unsur yang penting yaitu Globalisation, Re-thinking, Education, Administration.

Uskup juga mengajak agen pastoral yang bekerja di PSE dan Komsos agar mampu melihat dan menyikapi kenyataan media sosial di abad 21. Menurutnya pemikiran Gereja sekarang sungguh ketinggalan 2 abad dengan perkembangan dunia saat ini. Gereja memakai cara berpikir lama yang kadang tidak cocok dengan situasi dunia saat ini, sehingga gereja tidak menghadirkan kegembiraan iman di hati umat.

Uskup menambahkan bahwa perluasan budaya digital juga membutuhkan peradaban digital baru, yaitu membutuhkan kesadaran baru manusia  agar pikiran dan hatinya dapat terbuka dalam menyikapi perkembangan dunia, untuk itu menurutnya, manusia di era digital ini membutuhkan kontemplasi dan keheningan, agar manusia dapat melihat dengan jernih situasi dunia saat ini, demi mengambil langkah strategis yang tepat.

Di akhir materinya uskup menyinggung juga persoalan ekologi yang menjadi persoalan dunia saat ini harus diperhatikan oleh para imam maupun umat.(Arm)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: